Kegiatan Mendatang: Workshop STEAM & Festival Science 2018

A. WORKSHOP STEAM 2018

Workshop STEAM tahun ini akan diadakan di Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana), Nusa Tenggara Timur, tepatnya di FKIP Program Studi Fisika, pada hari sabtu tanggal 14 April 2018.

P_20180319_093422

Gambar 1: Salah satu ruang kelas yang akan digunakan pada saat Workshop.

Tujuan diselenggarakannya workshop STEAM kali ini adalah untuk memperkenalkan STEAM kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan (FKIP) Undana dan juga beberapa guru undangan. Mahasiswa-mahasiswa ini merupakan calon guru sehingga dengan mengajarkan metode pembelajaran STEAM, mereka dapat memiliki bekal tambahan baru untuk mengajar kelak. Apabila acara ini dapat berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan diadakan acara berkelanjutan berupa pelatihan STEP.

Peserta berjumlah maksimal 50 orang yang sebagian besar merupakan Mahasiswa FKIP Undana yang merupakan calon-calon guru. Selain itu akan ada beberapa guru yang diundang oleh kaprodi fisika FKIP untuk ikut serta dalam workshop ini.

Tema workshop kali ini adalah Pengenalan STEAM sebagai metode pembelajaran di Sekolah. Workshop STEAM tahun ini akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu Mindfulness, yang merupakan unsur A (Arts), dengan narasumber Bapak Ivandeva Wing dan Pengenalan STEAM serta praktek sederhana dengan menggunakan lembar kerja, dengan narasumber Ibu Premana W. Premadi dan Bapak Yudi Soeharyadi.

 

B. FESTIVAL SCIENCE 2018

Festival Science tahun ini akan diadakan di kompleks Open Science Center (OSC), Nusa Tenggara Timur, tepatnya di daerah Tilong, pada hari selasa tanggal 1 Mei 2018. Festival Science diadakan pada bulan Mei dengan tujuan untuk memperingati hari pendidikan nasional.

P_20180317_084355

Gambar 2: Bangunan Open Science Center (OSC) yang berada di daerah Tilong.

Selain itu tujuan diselenggarakannya Festival Science adalah untuk memperkenalkan Science sebagai salah satu pintu gerbang ketertarikan anak dalam belajar dan memicu rasa keingintahuan anak. Dengan adanya Science Center di daerah Tilong ini diharapkan para guru dapat menggunakannya sebagai sarana pembelajaran dan murid-murid dapat belajar lebih baik dengan alat peraga yang tersedia.

Peserta yang diharapkan datang pada Festival Science ini adalah murid-murid sekolah sekitar OSC dan juga sekitar kota Kupang. Jumlah peserta yang diharapkan adalah maksimal 400 orang. Peserta akan dikumpulkan di beberapa titik dan akan dijemput serta diantar menuju lokasi Festival Science. Kemudian peserta-peserta ini akan dibagi menjadi beberapa shift sehingga tidak terlalu padat dan tetap nyaman untuk beraktivitas.

Pada Festival Science nanti akan ada beberapa booth dan tenda-tenda yang dapat dikunjungi oleh peserta untuk belajar mengenai STEAM secara lebih menyenangkan, akan ada juga Planetarium mini, dan alat-alat peraga di dalam bangunan OSC.

Gambar 3: Lokasi Festival Science, sekitar bangunanan OSC.

Gambar 3: Lokasi Festival Science, sekitar bangunanan OSC.

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
 Remember Me  
New User Registration
*Required field

You may also like...