STEP (STEAM Teacher Education Program)

Program STEP (STEAM Teacher Education Program) dimaksudkan untuk memapankan pengetahuan guru dengan meninjau suatu isu nyata dari berbagai sudut pandang untuk membangun gambaran rasional yang utuh dan terperiksakan. Guru yang dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang suatu isu akan merasa nyaman dalam menyampaikan isu ini sebagai bahan ajar di kelasnya dari berbagai kerangka pandang dan tingkat kognitif. Kualitasnya sebagai pribadi yang memang sungguh ingin berbagi akan mendorongnya untuk senantiasa mencari cara terbaik untuk menyampaikan suatu pesan. Guru seperti ini tidak hanya mengajar, tetapi juga menginspirasi.

STEAM dimulai dari STEM, suatu kurikulum generik yang mengupayakan pendidikan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics dalam pembelajaran yang memanfaatkan pengetahuan interdisipliner dan pendekatan aplikatif untuk menyelesaikan suatu masalah. Di dalam kurikulum STEM keempat disiplin ilmu tersebut tidak diajarkan secara terpisah tapi terintegrasi. Paradigma baru yang kohesif ini digunakan untuk menghadapi tantangan nyata kehidupan modern secara rasional dan kreatif.

Sebagai bentuk keberlanjutan program STEP, maka tim G83 STEAM akan membuat modul-modul yang dapat dipelajari oleh guru-guru tanpa harus bertatap muka dengan tim G83 STEAM. Modul-modul ini berisikan pendahuluan, praktikum yang bersesuaian, dan lembar kerja, serta dilengkapi dengan file terpisah untuk Panduan Guru. Diharapkan dengan adanya modul-modul ini, pembelajaran STEAM dapat menjangkau rekan guru secara lebih luas dan dapat diajarkan kepada murid maupun kepada sesama guru.


A. Modul Mindfulness

Mindfulness merupakan metode untuk hidup sadar akan kehadiran diri kita. Proses kesadaran ini diawali dengan menyadari dan mensyukuri nafas kita. Nafas kita hadir bukan secara kebetulan, namun merupakan karunia. Proses kesadaran ini akan membentuk pola kesadaran yang tidak hanya terfokus pada nafas namun pada seluruh aspek kehidupan kita. Dengan kata lain, proses kesadaran menajamkan kemampuan kita untuk fokus. Ketika kita fokus, produktivitas kita meningkat. Dengan demikian, mindfulness pun memberikan kita dua kebiasan dasar bagi perjalanan hidup menuju keselarasan: kesadaran dan kebersyukuran.

Modul ini merupakan pengantar sederhana untuk memperhatikan nafas. Banyak cara untuk memperhatikan nafas, dan modul ini hanya memperkenalkan salah satu cara saja. Metoda yang diberikan disini perlu disesuaikan dengan tingkat kenyamanan para pembaca, dan karena sifatnya sebagai pengantar, pada akhirnya metoda yang paling tepat adalah metoda yang dirasa cocok oleh pembaca

Modul Mindfulness dapat diunduh pada link berikut:

http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/modul-mindfulness_latihan-memperhatikan-nafas/

atau dapat juga diunduh pada tautan berikut:

Modul Mindfulness_Latihan Memperhatikan Nafas

 

B. Modul Pembelajaran

1. Modul 1: Memanfaatkan Panas Matahari
Modul 1 berisikan tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan panas matahari dengan praktikum menggunakan pemanas cairan sederhana. Diharapkan dengan mempelajari modul ini para siswa menjadi lebih peduli akan penggunaan energi dan memikirkan cara memperoleh energi serta pemanfaatan sumber energi terbarukan pada lingkungan tempat tinggalnya.

Modul 1 dapat diunduh pada link berikut:
http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/modul-1_memanfaatkan-panas-matahari/

atau dapat juga diunduh pada tautan berikut:
Modul 1_Memanfaatkan Panas Matahari

 

2. Modul 2: Hidropower (Tenaga Air)
Modul 2 berisikan tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan hidropower (tenaga air) dengan praktikum menggunakan penangkat beban sederhana. Diharapkan dengan mempelajari modul ini para siswa menjadi lebih peduli akan penggunaan energi dan memikirkan cara memperoleh energi serta pemanfaatan sumber energi terbarukan pada lingkungan tempat tinggalnya.

Modul 2 dapat diunduh pada link berikut:
http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/modul-2_hidropower-tenaga-air/

atau dapat juga diunduh pada tautan berikut:
Modul 2_Hidropower (Tenaga Air)

 

3. Modul 3: Memanfaatkan Cahaya Matahari
Modul 3 berisikan tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan cahaya matahari dengan praktikum menggunakan dinamo dan lampu sepeda. Diharapkan dengan mempelajari modul ini para siswa menjadi mengerti akan proses perubahan energi serta para siswa menjadi lebih peduli akan penggunaan energi dan memikirkan cara memperoleh energi serta pemanfaatan sumber energi terbarukan pada lingkungan tempat tinggalnya.

Modul 3 dapat diunduh pada link berikut:
http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/modul-3_memanfaatkan-cahaya-matahari/

atau dapat juga diunduh pada tautan berikut:
Modul 3_Memanfaatkan Cahaya Matahari
Salam,
G83 STEAM