This topic contains 2 replies, has 2 voices, and was last updated by  ganesha83itb 6 years, 6 months ago.

Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)
  • Author
    Posts
  • #781

    ganesha83itb
    Keymaster

    P_20170806_134912

    Tugas akhir merupakan rancangan sistem pembelajaran STEAM yang akan diimplementasikan pada lingkungannya Bapak dan Ibu guru masing-masing (bisa merupakan kelas yang Bapak dan Ibu ajarkan, atau kelas lain yang berada dalam sekolah yang sama). Tugas akhir ini adalah hasil pengembangan dari tugas presentasi kelompok, dapat dilihat pada laman berikut: http://steam.g83itb.org/index.php/forums/topic/topik-2-presentasi-kelompok/.

     

    Tugas Akhir Workshop STEAM 2017 dapat diunduh pada laman berikut ini: http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/tugas-akhir-workshop-steam-2017/

    #799

    Giew
    Participant

    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    ( R P P )

    KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
    Kompetensi Inti
    KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
    KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
    KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
    KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

    Mata pelajaran Kompetensi dasar
    Matematika 3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta , himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
    4.4 menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian himpunan semesta , himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
    IPA 3.5 memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
    ( misalnya pemisahan campuran)
    4.5.1 melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
    IPS 3.3 menganalisis konsep interaksi antar manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi ( produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran ) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya indonesia
    4.3 menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi ( produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran ) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya indonesia

    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    Mata pelajaran Indikator pencapaian kompetensi
    Matematika Menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanaya
    Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya
    Menyajikan himpunan
    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan
    IPA 1.Menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia
    2. Menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat
    3. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
    IPS Menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan
    Menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi )

    KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
    Kerja Sama

    INDIKATOR PENCAPAIAN KARAKTER
    Terlibat aktif dalam kerja kelompok
    Bersedia melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
    Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
    Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan orang lain

    TUJUAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran Tujuan pembelajaran
    Matematika Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya dengan benar
    Peserta didik dapat menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya dengan benar
    Peserta didik dapat menyajikan himpunan dengan benar
    Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari hari yang berkaitan dengan himpunan
    IPA 1. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia dengan benar
    2. peserta didik dapat menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat dengan benar
    3.peserta didik melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia dengan teliti
    IPS Peserta didik Dapat menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dengan jelas
    Peserta didik dapat menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi ) secara runtut

    TUJUAN PEMBELAJARAN SECARA KESELURUHAN
    Setelah selesai melakukan percobaan pembuatan biogas dari sisa-sisa sayuran atau bahan organik, diharapkan perserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menumbuhkan sikap kerja sama dan peduli terhadap lingkungan.

    MATERI AJAR
    MATEMATIKA
    konsep himpunan
    Himpunan adalah kumpulan objek yang terdefinisi dengan jelas
    penyajian himpunan
    dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
    adinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
    dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
    2. IPA
    a. Karakteristik zat berdasarkan wujud dan komposisinya
    sifat dan perubahan Kimia
    a. sifat kimia =( mencegahb besi berkarat, mengawetkan bahan makanan, memadamkan api )
    b. perubahan kimia = perubahan suatu zat menjadi zat yang berbeda

    3. IPS
    a. konsep kebutuhan , keinginan dan kelangkaan
    b. kegiatan ekonomi ( produksi, konsumsi, distribusi)

    METODE PEMBELAJARAN
    Metode yang digunakan
    Diskusi
    Tanya jawab
    Model : STAD , discovery learning

    KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Pertemuan 1
    No Kegiatan Belajar Waktu
    1 Kegiatan Awal ( mapel MATEMATIKA, IPA,IPS)
    a. Orientasi :
    Memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
    Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
    Mengecek kehadiran siswa
    Menuliskan judul di papan tulis
    Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar
    Menuliskan indikator yang harus dikuasai siswa
    Membaca satu ayat alQuran yang berhubungan dengan materi
    b. Apersepsi:
    Menyampaikan tujuan pembelajaran
    Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya
    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup, materi, tujuan , manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
    Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan sehari hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
    Guru mengaitkan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan nyata
    c. Motivasi :
    Menginformasikan kepada peserta didik bahwa materi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari
    10’
    2 Langkah 1. Mengamati
    Matematika
    Guru menayangkan video tentang konsep himpunan dan penyajian himpunan
    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
    Peserta didik memperhatikan dan mengamati video yang diberikan guru yang terkait dengan himpunan
    Peserta didik dalam kelompok mengamati perbedaan kumpulan yang termasuk himpunan dan kumpulan yang bukan himpunan serta penyajian himpunannya
    Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan dengan himpunan
    Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

    Langkah 2. Merumuskan masalah
    Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan himpunan
    Peserta didik dalam kelompok merumuskan masalah dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan himpunan

    Langkah 3. Mengumpulkan Data
    Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
    Mengenal konsep himpunan
    Menyajikan himpunan
    Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan himpunan
    Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
    Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
    Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
    Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti

    Langkah 4. Menganalisis data/ info
    Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
    Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang himpunan
    Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait himpunan

    Langkah 5. Mengomunikasikan kesimpulan
    Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
    Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

    Langkah 6. Mencipta
    Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait dengan bilangan berpangkat bulat positif
    Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik

    20’

    35’

    5’

    3 Kegiatan penutup
    Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan himpunan
    Melaksanakan postes terkait dengan himpunan
    Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
    Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
    Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
    10’

    IPA
    No Kegiatan Belajar Waktu
    1 Kegiatan Pendahuluan
    Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik guru menanyakan kepada peserta didik kenapa besi dapat berkarat? Guru menayangkan video “Perubahan Fisika dan perubahan Kimia”
    Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
    Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.
    10’
    2 KEGIATAN INTI
    Peserta didik diminta untuk mengamati dan mengerjakan lembar kerja siswa ayo kita lakukan “Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia”.
    Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatannya di depan kelas.

    20’

    3 KEGIATAN PENUTUP
    Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan pembelajaran.
    Guru dan peserta didik merefleksikan hasil Pembelajaran.
    Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
    Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya
    Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek ) 10’

    IPS
    Tahap Pembelajaran Kegiatan Waktu
    Pendahuluan a. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan
    berdoa
    b. Guru mengecek kehadiran siswa
    c. Apersepsi:
    Dengan menanyakan pada peserta didik :
    Kebutuhan apa yang paling mendesak yang diperlukan
    oleh peserta didik?
    Dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu
    mengajak peserta didik mengamati gambar yang
    disajikan pada prawacana.
    d. Peserta didik menerima informasi tentang topik dan
    tujuan pembelajaran dari guru.
    e. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap
    kelompok terdiri atas 5 orang. 10 menit
    Kegiatan inti a. Mengamati
    Guru membagikan gambar barang kebutuhan manusia

    Peserta didik secara berkelompok mengamati gambar barang kebutuhan manusia dan mencatat hal-hal yang ingin diketahui
    b. Menanya
    Berdasarkan hasil pengamatan gambar, peserta didik mendiskusikan di dalam kelompok
    tentang hal-hal yang ingin diketahui misalnya
    Apa yang di maksud dengan kebutuhan manusia?
    mengapa kebutuhan manusia beraneka ragam ?
    faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan manusia ?
    kemudian salah satu wakil dari kelompok
    diminta menuliskan di papan tulis.
    Guru bersama siswa menyeleksi rumusan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
    c. Mengumpulkan informasi
    Guru memberi arahan, masing-masing anggota kelompok diberi nomor dari nomor 1 sd 5
    Masing-masing anggota yang bernomor sama berkumpul dalam satu kelompok diskusi
    Guru membagikan LK yang harus di isi peserta didik
    Materi diskusi : masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang:
    Nomor 1: macam-macam kebutuhan menurut intensitas atau tingkatannya
    Nomor 2: macam-macam kebutuhan menurut sifat.
    Nomor 3: macam-macam Kebutuhan Menurut Subjek
    Nomor 4: macam-macam kebutuhan menurut waktu penggunaanya.
    Nomor 5: faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
    Peserta didik diberi kesempatan mengunjungi perpustakaan untuk mengumpulkan informasi. Guru berkolaborasi dengan pustakawan mendampingi kegiatan peserta didik.
    c. Menalar/mengasosiasi
    Setelah selesai mendapatkan jawaban, masing-masing kembali pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi
    setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota di kelompoknya terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
    Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis jawaban dari hasil diskusi kelompok.

    d. Mengomunikasikan
    Dipilih secara acak satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
    Kelompok lain memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi. 60’
    Penutup Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
    Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
    Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
    Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
    Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
    10’

    Pertemuan 2 (untuk mapel MATEMATIKA, IPA, IPS )

    No Kegiatan Belajar Waktu
    1 Kegiatan Awal ( mapel MATEMATIKA, IPA,IPS)
    a. Orientasi :
    Memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
    Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
    Mengecek kehadiran siswa
    Menuliskan judul di papan tulis
    Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar
    Menuliskan indikator yang harus dikuasai siswa
    Membaca satu ayat alQuran yang berhubungan dengan materi
    b. Apersepsi:
    Menyampaikan tujuan pembelajaran
    Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya
    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup, materi, tujuan , manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
    Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan sehari hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
    Guru mengaitkan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan nyata
    c. Motivasi :
    Menginformasikan kepada peserta didik bahwa materi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari
    10’
    2 Kegiatan Inti
    Guru menjelaskan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini
    Guru membagi kelompok untuk tugas proyek pembuatan biogas
    Guru membagikan LK untuk proyek yang dilakukan
    Guru membimbing jalannya diskusi
    20’

    3 Kegiatan penutup
    Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah u
    Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
    Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
    10’

    PENILAIAN HASIL BELAJAR
    1. Teknik/jenis : Kuis individual dan tugas
    2. Bentuk : Tes tertulis ( Uraian )
    3. Jenis Tagihan : LKS ( terlampir )
    – Afektif : Keaktifan siswa di kelas
    4.Bentuk soal/ Instrumen
    Pertemuan 1
    Mata pelajaran Indikator pencapaian kompetensi Instrumen soal
    Matematika Menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanaya
    Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya
    Menyajikan himpunan
    Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan Diantara kumpulan berikut ini, manakah yang termasuk himpunan dan yang bukan termasuk himpunan
    Kumpulan binatang berkaki dua
    Kumpulan siswa yang cerdas
    Kumpulan buku yang tebal
    Kumpulan siswa yang tingginya diatas 160 cm
    Kumpulan lukisan yang indah
    Nyatakan pernyataan berikut ini benar atau salah
    Kucing∈ himpunann binatang
    1∈ himpunan bilangan asli
    -4 ∈ himpunan bilangan cacah
    ½ ∈ himpunan bilangan bulat
    Tulislah anggota dari himpunan berikut
    Himpunan kendaraan roda empat
    Himpunan warna lampu lalu lintas
    Himpunan bilangan asli kurang dari 10
    Himpunan bilangan asli kurang dari 8
    IPA Menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia
    Menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat
    Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia terlampir
    IPS Menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan
    Menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi ) Apa yang dimaksud dengan kebutuhan ?
    Menuliskan macam-macam kebutuhan menurut intensitas/ tingkatannya ?
    Jelaskan dengan contohnya kebutuhan menurut waktu penggunaanya?
    Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang?

    Pedoman Penskoran
    MATEMATIKA

    Kunci jawaban skor Rubrik penilaian
    1.
    Kumpulan binatang berkaki dua= HIMPUNAN
    Kumpulan siswa yanG cerdas=Bukan himpunan
    Kumpulan buku yang tebal= bukan himpunan
    Kumpulan siswa yang tingginya diatas 160 cm = himpunan
    Kumpulan lukisan yang indah= bukan himpunan
    2. Kucing∈ himpunann binatang = benar
    1∈ himpunan bilangan asli = salah
    -4 ∈ himpunan bilangan cacah =salah
    ½ ∈ himpunan bilangan bulat= benar
    3. himpunan kendaraan roda empat = ( mobil, )
    Himpunan warna lampu lalu lintas=(merah , kuning, hijau)
    Himpunan bilangan asli kurang dari 10 =(1,2,3,4,5,6,7,8,9)
    Himpunan bilangan asli kurang dari 8=(1,2,3,4,5,6,7) 25

    20

    55 Skor 25 jika benar semua, skor 10 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar

    Skor 20 jika benar semua, skor 10 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar

    Skor 55 jika benar semua, skor 30 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar
    Jumlah skor 100

    IPS
    No Soal Kunci Jawaban Skor
    1 Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. 25
    2 Kebutuhan Primer
    Kebutuhan sekunder
    Kebutuhan Tersier 25
    3 Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila pemenuhan kebutuan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya, yang termasuk kebutuhan sekarang antara lain:
    a) Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini
    harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan
    b) Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini
    harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan
    Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang.
    Contoh,
    seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyisihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang. Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya. 25
    4 Faktor-faktor yang mempengruhi kebutuhan manusia
    a). Jenis Kelamin
    .
    b). Tingkat Pendidikan
    c). Lingkungan Tempat Tinggal
    d). Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    e). Tingkat Pendapatan
    f). Status Sosial
    g). Perbedaan Selera 25

    Instrumen pertemuan ke 2 IPS
    Instrumen soal Skor Penilaian
    1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ? 20
    2. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia ? 20
    3. Aapakah hubungan sumber daya alam dengan kebutuhan manusia? 20 Skor = Jlmh Sl benar X 20
    Skor max = 100
    4. sebutkan apa saja kebutuhan manusia 20
    5. Apakah pembuatan biogas ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia sebagai energi alternatif ? jelaskan dan berikan alasan kalian?

    Matematika
    Soal skor
    Apakah alat alat dan bahan yang digunakan untuk membuat praktikum termasuk kedalam kumpulan himpunan ? jelaskan dan berikan alasannya
    Tuliskan himpunan alat dan bahan ?
    sajikan himpunan alat dan bahan praktikum dalam bentuk
    mendaftar anggota anggotanya
    notasi pembentuk himpunan
    dengan kata kata 30

    30

    40

    Perhitungan nilai akhir penskoran dalam skala 0-100 sebagai berikut:
    Nilai Akhir = Perolehan Skor x skor Ideal (10)
    Total Skor

    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
    Alat dan bahan : laptop, infokus, white board, LKS
    Alat : Pipa logam, selang pelastik, galon air mineral, pisau
    Bahan : sampah organik, sisa sayuran, eceng gondok, air, LKS untuk pembelajaran

    2. Sumber Belajar :
    Buku :
    Eksplorasi Ilmu Alam untuk kelas VII SMP dan Mts Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 karangan budi purwanto dan arinto nugroho penerbit plationum halaman 90-96
    Ilmu pengetahuan Alam untuk kelas VII semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2016 hal 125-132
    Matematika untuk SMP kelas VII semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2016 halaman 113-147
    Pembelajaran IPS untuk kelas VII SMP dan MTs kurikulum 2013 edisi revisi 2016 karangan sardiman, muhsinatun dan dyah respati suryo penerbit platinum halaman 105-123
    LKS IPA, LKS IPS, LKS MATEMATIKA

    Kritik dan Saran Kepala Sekolah :
    ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

    Mengetahui,
    Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur,

    ( H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy. )
    NIY. 2012.05.1.0005 Cianjur, agustus 2017
    Guru Mapel Matematika.

    ( Anggi Septia Shara, S.Pd. )
    NIY.2013.06.2.0012

    INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP kerja sama
    (LEMBAR OBSERVASI)

    A. Petunjuk Umum

    1. Instrumen penilaian disiplin ini berupa Lembar Observasi.
    2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

    B. Petunjuk Pengisian

    Berdasarkan pengamatan Anda selama satu minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

    Skor 4 jika 4 pengamatan indikator terpenuhi
    Skor 3 jika 3 pengamatan indikator terpenuhi
    Skor 2 jika 2 pengamatan indikator terpenuhi
    Skor 1 jika 1 pengamatan indikator terpenuhi

    C. Lembar Observasi

    LEMBAR OBSERVASI

    Kelas/Semester : VII/1
    Tahun Pelajaran : 2017/2018
    Periode Pengamatan : 1 Minggu

    Butir Nilai : kerja sama
    Indikator Karakter :
    Terlibat aktif dalam kerja kelompok
    Bersedia melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
    Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
    Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan orang lain

    No Nama Peserta Didik Skor Indikator Sikap Disiplin (1 – 4) Jumlah Skor Nilai
    Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4
    1
    2
    3
    4
    5
    6 Dst

    Lembar Kerja Siswa 1 IPA

    Keterampilan
    Teknik Penilaian : Tes Kinerja
    Instrumen : Lembar Pengamatan
    Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan

    NO KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR TEKNIK PENILAIAN
    1 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran Klasifikasi Materi dan Perubahannya – Kinerja

    NO ASPEK YANG DINILAI SKOR
    0 1 2 3 4
    1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan √
    2 Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur √
    3 Membuat Laporan/kesimpulan √
    Jumlah Skor maksimum 9 (2+4+3)

    Lembar kerja siswa
    Nama anggota kelompok :1.
    2.
    3.
    4.

    PEMBUATAN BIOGAS DARI SAMPAH DAUN KERING
    Biogas adalah salah satu inovasi yang dihasilkan untuk membantu kelangkaan sumber daya minyak. Biogas dihasilkan dari sistem penguraian bahan bahan organik oleh mikroorganisme ( bakteri anaerob/ Bakteri pembangkit metana ) sehingga dapat dijadikan sebagai sumber daya alternatif yang ramah lingkungan
    Biogas dimanfaatkan sebagai pengganti elpiji dan bahkan dapat dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik untuk skala besar. Penggunaan biogas lebih murah dibandingkan jika menggunakan bahan bakar minyak , hanya saja kita harus dapat mengolah bahan bahan organik untuk menghasilkan biogas tersebut .
    Komposisi biogas :
    60% gas metana/ metan ( CH4 )
    38% karbondioksida ( CO2 )
    2% H2, N2, O2, dan H2S
    Perhatikan gambar berikut :

    Alat :
    1 buah galon
    Pisau yang tajam
    2 buah pipa logam yang kecil dengan diameter 1 centimeter dan panjang 10 cm dan 20 cm
    Selang plastik aquarium yang berdiameter 1 cm dan panjang 1 meter
    Bahan :
    Air secukupnya
    Daun kering yang dipotong potong
    Sisa –sisa sayuran .
    Mikroorganisme EM ( Efektif Mikroorganisme ) kandungan terdiri dari :
    Bakteri fotosintetik
    Bakteri asam laktat
    Aktinomicetes
    Ragi dan jamur fermentasi.
    Cara pembuatan :
    Langkah awal masukan daun kering yang telah di potong potong kedalam galon sampai setengahnya dan tambahkan juga sisa-sisa potongan sayuran campurkan juga mikroorganisme EM
    Setelah itu isi galon dengan air secukupnya lalu tutup galon dengan rapat.
    Simpan galon hingga satu minggu dengan tujuan supaya bahan organik dapat menjadi busuk
    Siapkan dua buah pipa logam
    Tutup galon dilubangi sedikit untuk pipa logam dengan menggunakan pisau tanpa membuka tutupnya dari galon supaya gas tidak keluar.
    Tusukan pipa logam ke tutup galon yang sudah dilubangi tadi.
    Sambungkan selang pelastik aquarium yang sudah disediakan pada pipa logam yang sudah ditusukkan pada tutup galon .
    Pada ujung selang pelastik aquarium kemudian disambungkan pada pipa logam yang panjangnya 20 cm .
    Setelah selesai dapat dicoba dengan menyalakan korek api pada ujung pipa logam.

    Soal yang harus dijawab

    Jelaskan apa yang dimaksud perubahan kimia dan sebutkan
    contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
    Sebukan ciri-ciri reaksi kimia ?
    Apa penyebab perubahan kimia ?
    Berikanlah kesimpulan dari hasil parktikum kalian?

    LEMBAR KERJA SISWA

    Nama anggota kelompok :

    Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ?
    Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia?
    Apa hubungan sumberdaya alam dengan kebutuhan manusia?
    Kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh manusia
    Apakah pembuatan biogas ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia sebagai energi alternatif ? jelaskan dan berikan alasan kalian?

    LEMBAR KERJA SISWA

    Nama anggota kelompok :

    Apakah alat alat dan bahan yang digunakan untuk membuat praktikum termasuk kedalam kumpulan himpunan ? jelaskan dan berikan alasannya
    Tuliskan himpunan alat dan bahan ?
    sajikan himpunan alat dan bahan praktikum dalam bentuk
    mendaftar anggota anggotanya
    notasi pembentuk himpunan
    dengan kata kata

    #884

    ganesha83itb
    Keymaster

    Tugas Akhir Terbaik Workshop STEAM 2017

    Hadiah Utama:
    Eva Safariyani, SMPN 2 Cimahi – Cimahi

    Hadiah Hiburan:
    1. Donny Prayudi Nugroho, School of universe – Kab.Bogor
    2. Purbawati Handayani, S.Pd, SMPN 1 Gondang – Kab.Bojonegoro
    3. Anto Ardiano, S.Pd, SMP Insan Teladan – Bogor
    4. Noor Wakhidah Santika Istiqomah, S.Pd, Smp Islam Cendekia Cianjur – Cianjur
    5. Anggi Septia Shara, S.Pd, Smp Islam Cendekia Cianjur – Cianjur
    6. Argit Muktiawan, Sekolah Tunas Unggul – Bandung
    7. Juju Juarsih, M.Si., Sekolah Tunas Unggul – Bandung

    Bagi Bapak dan Ibu guru yang namanya tertera di atas, dimohon untuk segera:
    • Mengisikan testimoni pada website ganesha 83, pada laman berikut: http://steam.g83itb.org/index.php/testimonials/
    • Mengirimkan: Nama lengkap, nama panggilan disekitar rumah, alamat lengkap, dan no.telpon yang dapat dihubungi oleh pihak JNE, kirimkan melalui Whatsapp atau SMS kepada Rufa.

    Terimakasih Bapak dan Ibu :)

Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)

You must be logged in to reply to this topic.