STEAM › Forums › Workshop Perancangan Pembelajaran STEAM Di Sekolah › Tugas Akhir
This topic contains 2 replies, has 2 voices, and was last updated by ganesha83itb 6 years, 6 months ago.
-
AuthorPosts
-
August 6, 2017 at 11:03 pm #781
Tugas akhir merupakan rancangan sistem pembelajaran STEAM yang akan diimplementasikan pada lingkungannya Bapak dan Ibu guru masing-masing (bisa merupakan kelas yang Bapak dan Ibu ajarkan, atau kelas lain yang berada dalam sekolah yang sama). Tugas akhir ini adalah hasil pengembangan dari tugas presentasi kelompok, dapat dilihat pada laman berikut: http://steam.g83itb.org/index.php/forums/topic/topik-2-presentasi-kelompok/.
Tugas Akhir Workshop STEAM 2017 dapat diunduh pada laman berikut ini: http://steam.g83itb.org/index.php/mdocs-posts/tugas-akhir-workshop-steam-2017/
August 9, 2017 at 3:56 pm #799RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriMata pelajaran Kompetensi dasar
Matematika 3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta , himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4 menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian himpunan semesta , himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
IPA 3.5 memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
( misalnya pemisahan campuran)
4.5.1 melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
IPS 3.3 menganalisis konsep interaksi antar manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi ( produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran ) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya indonesia
4.3 menyajikan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi ( produksi, distribusi, konsumsi, permintaan dan penawaran ) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya indonesiaINDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mata pelajaran Indikator pencapaian kompetensi
Matematika Menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanaya
Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya
Menyajikan himpunan
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan
IPA 1.Menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia
2. Menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat
3. Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
IPS Menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan
Menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi )KARAKTER SISWA YANG DIHARAPKAN
Kerja SamaINDIKATOR PENCAPAIAN KARAKTER
Terlibat aktif dalam kerja kelompok
Bersedia melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan orang lainTUJUAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Tujuan pembelajaran
Matematika Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya dengan benar
Peserta didik dapat menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya dengan benar
Peserta didik dapat menyajikan himpunan dengan benar
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah sehari hari yang berkaitan dengan himpunan
IPA 1. Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia dengan benar
2. peserta didik dapat menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat dengan benar
3.peserta didik melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia dengan teliti
IPS Peserta didik Dapat menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dengan jelas
Peserta didik dapat menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi ) secara runtutTUJUAN PEMBELAJARAN SECARA KESELURUHAN
Setelah selesai melakukan percobaan pembuatan biogas dari sisa-sisa sayuran atau bahan organik, diharapkan perserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menumbuhkan sikap kerja sama dan peduli terhadap lingkungan.MATERI AJAR
MATEMATIKA
konsep himpunan
Himpunan adalah kumpulan objek yang terdefinisi dengan jelas
penyajian himpunan
dinyatakan dengan menyebutkan anggotanya
adinyatakan dengan menuliskan sifat yang dimiliki anggotanya
dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan
2. IPA
a. Karakteristik zat berdasarkan wujud dan komposisinya
sifat dan perubahan Kimia
a. sifat kimia =( mencegahb besi berkarat, mengawetkan bahan makanan, memadamkan api )
b. perubahan kimia = perubahan suatu zat menjadi zat yang berbeda3. IPS
a. konsep kebutuhan , keinginan dan kelangkaan
b. kegiatan ekonomi ( produksi, konsumsi, distribusi)METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan
Diskusi
Tanya jawab
Model : STAD , discovery learningKEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No Kegiatan Belajar Waktu
1 Kegiatan Awal ( mapel MATEMATIKA, IPA,IPS)
a. Orientasi :
Memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
Mengecek kehadiran siswa
Menuliskan judul di papan tulis
Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar
Menuliskan indikator yang harus dikuasai siswa
Membaca satu ayat alQuran yang berhubungan dengan materi
b. Apersepsi:
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya
Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup, materi, tujuan , manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan sehari hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
Guru mengaitkan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan nyata
c. Motivasi :
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa materi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari
10’
2 Langkah 1. Mengamati
Matematika
Guru menayangkan video tentang konsep himpunan dan penyajian himpunan
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
Peserta didik memperhatikan dan mengamati video yang diberikan guru yang terkait dengan himpunan
Peserta didik dalam kelompok mengamati perbedaan kumpulan yang termasuk himpunan dan kumpulan yang bukan himpunan serta penyajian himpunannya
Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentang permasalahan yang berhubungan dengan himpunan
Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikalLangkah 2. Merumuskan masalah
Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan himpunan
Peserta didik dalam kelompok merumuskan masalah dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan himpunanLangkah 3. Mengumpulkan Data
Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK untuk:
Mengenal konsep himpunan
Menyajikan himpunan
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan himpunan
Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan telitiLangkah 4. Menganalisis data/ info
Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang himpunan
Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait himpunanLangkah 5. Mengomunikasikan kesimpulan
Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.Langkah 6. Mencipta
Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait dengan bilangan berpangkat bulat positif
Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik20’
35’
5’
3 Kegiatan penutup
Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan himpunan
Melaksanakan postes terkait dengan himpunan
Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
10’IPA
No Kegiatan Belajar Waktu
1 Kegiatan Pendahuluan
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi Peserta Didik guru menanyakan kepada peserta didik kenapa besi dapat berkarat? Guru menayangkan video “Perubahan Fisika dan perubahan Kimia”
Peserta didik menerima penyampaian tujuan dan manfaat pembelajaran.
Peserta didik menerima penyampaian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.
10’
2 KEGIATAN INTI
Peserta didik diminta untuk mengamati dan mengerjakan lembar kerja siswa ayo kita lakukan “Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia”.
Peserta didik mempresentasikan hasil kegiatannya di depan kelas.20’
3 KEGIATAN PENUTUP
Guru dan peserta didik mereview hasil kegiatan pembelajaran.
Guru dan peserta didik merefleksikan hasil Pembelajaran.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
Guru menyampaikan materi pertemuan berikutnya
Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek ) 10’IPS
Tahap Pembelajaran Kegiatan Waktu
Pendahuluan a. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan
berdoa
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Apersepsi:
Dengan menanyakan pada peserta didik :
Kebutuhan apa yang paling mendesak yang diperlukan
oleh peserta didik?
Dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu
mengajak peserta didik mengamati gambar yang
disajikan pada prawacana.
d. Peserta didik menerima informasi tentang topik dan
tujuan pembelajaran dari guru.
e. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap
kelompok terdiri atas 5 orang. 10 menit
Kegiatan inti a. Mengamati
Guru membagikan gambar barang kebutuhan manusiaPeserta didik secara berkelompok mengamati gambar barang kebutuhan manusia dan mencatat hal-hal yang ingin diketahui
b. Menanya
Berdasarkan hasil pengamatan gambar, peserta didik mendiskusikan di dalam kelompok
tentang hal-hal yang ingin diketahui misalnya
Apa yang di maksud dengan kebutuhan manusia?
mengapa kebutuhan manusia beraneka ragam ?
faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan manusia ?
kemudian salah satu wakil dari kelompok
diminta menuliskan di papan tulis.
Guru bersama siswa menyeleksi rumusan pertanyaan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c. Mengumpulkan informasi
Guru memberi arahan, masing-masing anggota kelompok diberi nomor dari nomor 1 sd 5
Masing-masing anggota yang bernomor sama berkumpul dalam satu kelompok diskusi
Guru membagikan LK yang harus di isi peserta didik
Materi diskusi : masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang:
Nomor 1: macam-macam kebutuhan menurut intensitas atau tingkatannya
Nomor 2: macam-macam kebutuhan menurut sifat.
Nomor 3: macam-macam Kebutuhan Menurut Subjek
Nomor 4: macam-macam kebutuhan menurut waktu penggunaanya.
Nomor 5: faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
Peserta didik diberi kesempatan mengunjungi perpustakaan untuk mengumpulkan informasi. Guru berkolaborasi dengan pustakawan mendampingi kegiatan peserta didik.
c. Menalar/mengasosiasi
Setelah selesai mendapatkan jawaban, masing-masing kembali pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi
setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota di kelompoknya terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis jawaban dari hasil diskusi kelompok.d. Mengomunikasikan
Dipilih secara acak satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Kelompok lain memberi tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi. 60’
Penutup Peserta didik bersama guru mengambil simpulan atas jawaban dari pertanyaan.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan.
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
Peserta didik menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
10’Pertemuan 2 (untuk mapel MATEMATIKA, IPA, IPS )
No Kegiatan Belajar Waktu
1 Kegiatan Awal ( mapel MATEMATIKA, IPA,IPS)
a. Orientasi :
Memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam
Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
Mengecek kehadiran siswa
Menuliskan judul di papan tulis
Menjelaskan secara singkat materi dan kompetensi yang akan dimiliki siswa sebagai hasil belajar
Menuliskan indikator yang harus dikuasai siswa
Membaca satu ayat alQuran yang berhubungan dengan materi
b. Apersepsi:
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan
Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya
Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup, materi, tujuan , manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan
Guru bertanya mencari informasi tentang penerapan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan sehari hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
Guru mengaitkan himpunan, perubahan kimia dan kebutuhan, keinginan dan kelangkaan dalam kehidupan nyata
c. Motivasi :
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa materi ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari
10’
2 Kegiatan Inti
Guru menjelaskan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini
Guru membagi kelompok untuk tugas proyek pembuatan biogas
Guru membagikan LK untuk proyek yang dilakukan
Guru membimbing jalannya diskusi
20’3 Kegiatan penutup
Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah u
Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
Guru memberikan tugas proyek untuk pertemuan selanjutnya ( menyuruh peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk keperluan praktek )
10’PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik/jenis : Kuis individual dan tugas
2. Bentuk : Tes tertulis ( Uraian )
3. Jenis Tagihan : LKS ( terlampir )
– Afektif : Keaktifan siswa di kelas
4.Bentuk soal/ Instrumen
Pertemuan 1
Mata pelajaran Indikator pencapaian kompetensi Instrumen soal
Matematika Menyatakan masalah sehari hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanaya
Menyatakan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya
Menyajikan himpunan
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan Diantara kumpulan berikut ini, manakah yang termasuk himpunan dan yang bukan termasuk himpunan
Kumpulan binatang berkaki dua
Kumpulan siswa yang cerdas
Kumpulan buku yang tebal
Kumpulan siswa yang tingginya diatas 160 cm
Kumpulan lukisan yang indah
Nyatakan pernyataan berikut ini benar atau salah
Kucing∈ himpunann binatang
1∈ himpunan bilangan asli
-4 ∈ himpunan bilangan cacah
½ ∈ himpunan bilangan bulat
Tulislah anggota dari himpunan berikut
Himpunan kendaraan roda empat
Himpunan warna lampu lalu lintas
Himpunan bilangan asli kurang dari 10
Himpunan bilangan asli kurang dari 8
IPA Menjelaskan karakteristik atau sifat-sifat zat yang meliputi sifat fisika dan sifat kimia
Menjelaskan perubahan fisika dan perubahan kimia yang terjadi pada zat
Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia terlampir
IPS Menjelaskan konsep kebutuhan, keinginan dan kelangkaan
Menjelaskan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi ) Apa yang dimaksud dengan kebutuhan ?
Menuliskan macam-macam kebutuhan menurut intensitas/ tingkatannya ?
Jelaskan dengan contohnya kebutuhan menurut waktu penggunaanya?
Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang?Pedoman Penskoran
MATEMATIKAKunci jawaban skor Rubrik penilaian
1.
Kumpulan binatang berkaki dua= HIMPUNAN
Kumpulan siswa yanG cerdas=Bukan himpunan
Kumpulan buku yang tebal= bukan himpunan
Kumpulan siswa yang tingginya diatas 160 cm = himpunan
Kumpulan lukisan yang indah= bukan himpunan
2. Kucing∈ himpunann binatang = benar
1∈ himpunan bilangan asli = salah
-4 ∈ himpunan bilangan cacah =salah
½ ∈ himpunan bilangan bulat= benar
3. himpunan kendaraan roda empat = ( mobil, )
Himpunan warna lampu lalu lintas=(merah , kuning, hijau)
Himpunan bilangan asli kurang dari 10 =(1,2,3,4,5,6,7,8,9)
Himpunan bilangan asli kurang dari 8=(1,2,3,4,5,6,7) 2520
55 Skor 25 jika benar semua, skor 10 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar
Skor 20 jika benar semua, skor 10 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar
Skor 55 jika benar semua, skor 30 jika ada yang salah, skor o jika tidak ada yang benar
Jumlah skor 100IPS
No Soal Kunci Jawaban Skor
1 Kebutuhan adalah suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi maka akan mempengaruhi kehidupan. 25
2 Kebutuhan Primer
Kebutuhan sekunder
Kebutuhan Tersier 25
3 Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila pemenuhan kebutuan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya, yang termasuk kebutuhan sekarang antara lain:
a) Makanan sangat dibutuhkan oleh orang yang kelaparan dan ini
harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan
b) Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini
harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan
Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang.
Contoh,
seseorang saat ini bekerja untuk memperoleh uang tetapi tidak lupa menyisihkan sebagian uangnya untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang. Uang tabungan ini bisa digunakan untuk pendidikan di masa depan bagi anak-anaknya. 25
4 Faktor-faktor yang mempengruhi kebutuhan manusia
a). Jenis Kelamin
.
b). Tingkat Pendidikan
c). Lingkungan Tempat Tinggal
d). Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
e). Tingkat Pendapatan
f). Status Sosial
g). Perbedaan Selera 25Instrumen pertemuan ke 2 IPS
Instrumen soal Skor Penilaian
1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ? 20
2. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia ? 20
3. Aapakah hubungan sumber daya alam dengan kebutuhan manusia? 20 Skor = Jlmh Sl benar X 20
Skor max = 100
4. sebutkan apa saja kebutuhan manusia 20
5. Apakah pembuatan biogas ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia sebagai energi alternatif ? jelaskan dan berikan alasan kalian?Matematika
Soal skor
Apakah alat alat dan bahan yang digunakan untuk membuat praktikum termasuk kedalam kumpulan himpunan ? jelaskan dan berikan alasannya
Tuliskan himpunan alat dan bahan ?
sajikan himpunan alat dan bahan praktikum dalam bentuk
mendaftar anggota anggotanya
notasi pembentuk himpunan
dengan kata kata 3030
40
Perhitungan nilai akhir penskoran dalam skala 0-100 sebagai berikut:
Nilai Akhir = Perolehan Skor x skor Ideal (10)
Total SkorALAT DAN SUMBER BELAJAR
Alat dan bahan : laptop, infokus, white board, LKS
Alat : Pipa logam, selang pelastik, galon air mineral, pisau
Bahan : sampah organik, sisa sayuran, eceng gondok, air, LKS untuk pembelajaran2. Sumber Belajar :
Buku :
Eksplorasi Ilmu Alam untuk kelas VII SMP dan Mts Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 karangan budi purwanto dan arinto nugroho penerbit plationum halaman 90-96
Ilmu pengetahuan Alam untuk kelas VII semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2016 hal 125-132
Matematika untuk SMP kelas VII semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2016 halaman 113-147
Pembelajaran IPS untuk kelas VII SMP dan MTs kurikulum 2013 edisi revisi 2016 karangan sardiman, muhsinatun dan dyah respati suryo penerbit platinum halaman 105-123
LKS IPA, LKS IPS, LKS MATEMATIKAKritik dan Saran Kepala Sekolah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..Mengetahui,
Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur,( H. Bambang Zainal Arifien, S.Sy. )
NIY. 2012.05.1.0005 Cianjur, agustus 2017
Guru Mapel Matematika.( Anggi Septia Shara, S.Pd. )
NIY.2013.06.2.0012INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP kerja sama
(LEMBAR OBSERVASI)A. Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian disiplin ini berupa Lembar Observasi.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.B. Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Anda selama satu minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
Skor 4 jika 4 pengamatan indikator terpenuhi
Skor 3 jika 3 pengamatan indikator terpenuhi
Skor 2 jika 2 pengamatan indikator terpenuhi
Skor 1 jika 1 pengamatan indikator terpenuhiC. Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Periode Pengamatan : 1 MingguButir Nilai : kerja sama
Indikator Karakter :
Terlibat aktif dalam kerja kelompok
Bersedia melakukan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama
Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat antara diri sendiri dengan orang lainNo Nama Peserta Didik Skor Indikator Sikap Disiplin (1 – 4) Jumlah Skor Nilai
Indikator 1 Indikator 2 Indikator 3 Indikator 4
1
2
3
4
5
6 DstLembar Kerja Siswa 1 IPA
Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik PengamatanNO KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR TEKNIK PENILAIAN
1 Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran Klasifikasi Materi dan Perubahannya – KinerjaNO ASPEK YANG DINILAI SKOR
0 1 2 3 4
1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan √
2 Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur √
3 Membuat Laporan/kesimpulan √
Jumlah Skor maksimum 9 (2+4+3)Lembar kerja siswa
Nama anggota kelompok :1.
2.
3.
4.PEMBUATAN BIOGAS DARI SAMPAH DAUN KERING
Biogas adalah salah satu inovasi yang dihasilkan untuk membantu kelangkaan sumber daya minyak. Biogas dihasilkan dari sistem penguraian bahan bahan organik oleh mikroorganisme ( bakteri anaerob/ Bakteri pembangkit metana ) sehingga dapat dijadikan sebagai sumber daya alternatif yang ramah lingkungan
Biogas dimanfaatkan sebagai pengganti elpiji dan bahkan dapat dijadikan sebagai sumber pembangkit listrik untuk skala besar. Penggunaan biogas lebih murah dibandingkan jika menggunakan bahan bakar minyak , hanya saja kita harus dapat mengolah bahan bahan organik untuk menghasilkan biogas tersebut .
Komposisi biogas :
60% gas metana/ metan ( CH4 )
38% karbondioksida ( CO2 )
2% H2, N2, O2, dan H2S
Perhatikan gambar berikut :Alat :
1 buah galon
Pisau yang tajam
2 buah pipa logam yang kecil dengan diameter 1 centimeter dan panjang 10 cm dan 20 cm
Selang plastik aquarium yang berdiameter 1 cm dan panjang 1 meter
Bahan :
Air secukupnya
Daun kering yang dipotong potong
Sisa –sisa sayuran .
Mikroorganisme EM ( Efektif Mikroorganisme ) kandungan terdiri dari :
Bakteri fotosintetik
Bakteri asam laktat
Aktinomicetes
Ragi dan jamur fermentasi.
Cara pembuatan :
Langkah awal masukan daun kering yang telah di potong potong kedalam galon sampai setengahnya dan tambahkan juga sisa-sisa potongan sayuran campurkan juga mikroorganisme EM
Setelah itu isi galon dengan air secukupnya lalu tutup galon dengan rapat.
Simpan galon hingga satu minggu dengan tujuan supaya bahan organik dapat menjadi busuk
Siapkan dua buah pipa logam
Tutup galon dilubangi sedikit untuk pipa logam dengan menggunakan pisau tanpa membuka tutupnya dari galon supaya gas tidak keluar.
Tusukan pipa logam ke tutup galon yang sudah dilubangi tadi.
Sambungkan selang pelastik aquarium yang sudah disediakan pada pipa logam yang sudah ditusukkan pada tutup galon .
Pada ujung selang pelastik aquarium kemudian disambungkan pada pipa logam yang panjangnya 20 cm .
Setelah selesai dapat dicoba dengan menyalakan korek api pada ujung pipa logam.Soal yang harus dijawab
Jelaskan apa yang dimaksud perubahan kimia dan sebutkan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari !
Sebukan ciri-ciri reaksi kimia ?
Apa penyebab perubahan kimia ?
Berikanlah kesimpulan dari hasil parktikum kalian?LEMBAR KERJA SISWA
Nama anggota kelompok :
Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ?
Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia?
Apa hubungan sumberdaya alam dengan kebutuhan manusia?
Kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh manusia
Apakah pembuatan biogas ini sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia sebagai energi alternatif ? jelaskan dan berikan alasan kalian?LEMBAR KERJA SISWA
Nama anggota kelompok :
Apakah alat alat dan bahan yang digunakan untuk membuat praktikum termasuk kedalam kumpulan himpunan ? jelaskan dan berikan alasannya
Tuliskan himpunan alat dan bahan ?
sajikan himpunan alat dan bahan praktikum dalam bentuk
mendaftar anggota anggotanya
notasi pembentuk himpunan
dengan kata kataSeptember 8, 2017 at 12:50 pm #884Tugas Akhir Terbaik Workshop STEAM 2017
Hadiah Utama:
Eva Safariyani, SMPN 2 Cimahi – CimahiHadiah Hiburan:
1. Donny Prayudi Nugroho, School of universe – Kab.Bogor
2. Purbawati Handayani, S.Pd, SMPN 1 Gondang – Kab.Bojonegoro
3. Anto Ardiano, S.Pd, SMP Insan Teladan – Bogor
4. Noor Wakhidah Santika Istiqomah, S.Pd, Smp Islam Cendekia Cianjur – Cianjur
5. Anggi Septia Shara, S.Pd, Smp Islam Cendekia Cianjur – Cianjur
6. Argit Muktiawan, Sekolah Tunas Unggul – Bandung
7. Juju Juarsih, M.Si., Sekolah Tunas Unggul – BandungBagi Bapak dan Ibu guru yang namanya tertera di atas, dimohon untuk segera:
• Mengisikan testimoni pada website ganesha 83, pada laman berikut: http://steam.g83itb.org/index.php/testimonials/
• Mengirimkan: Nama lengkap, nama panggilan disekitar rumah, alamat lengkap, dan no.telpon yang dapat dihubungi oleh pihak JNE, kirimkan melalui Whatsapp atau SMS kepada Rufa.Terimakasih Bapak dan Ibu
-
AuthorPosts
You must be logged in to reply to this topic.