Cara Mengurangi Jejak Karbon Anda

Oleh: Livia Albeck-Ripka

Diakses pada: https://www.nytimes.com/guides/year-of-living-better/how-to-reduce-your-carbon-footprint

1

Perubahan iklim (Climate change) bisa menjadi sangat buruk. Sainsnya sangat kompleks dan ketika menyangkut dampak di masa depan, masih banyak hal yang tidak diketahui. Sementara solusi nyata akan membutuhkan tindakan dalam skala global, ada pilihan yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi dampak pribadi Anda terhadap lingkungan. Panduan ini akan memandu Anda melalui beberapa di antaranya.

Ini adalah bagian dari “Satu Tahun Hidup Lebih Baik” (“A Year of Living Better”) serangkaian panduan bulanan untuk pelanggan yang akan membantu Anda meningkatkan kualitas kehidupan, komunitas, dan dunia Anda.

 

Apa itu Jejak Karbon?

2

Jejak karbon adalah jumlah total emisi gas rumah kaca yang berasal dari produksi, penggunaan dan masa berakhirnya suatu produk atau layanan. Ini termasuk karbon dioksida – gas yang paling umum dipancarkan oleh manusia – dan yang lainnya, termasuk metana, nitrous oxide, dan gas terfluorinasi, yang memerangkap panas di atmosfer, menyebabkan pemanasan global. Biasanya, sebagian besar jejak karbon individu akan berasal dari transportasi, perumahan, dan makanan.

Anda dapat memulai proses dengan menghitung jejak karbon Anda di sini (https://www.nature.org/en-us/get-involved/how-to-help/consider-your-impact/carbon-calculator/?redirect=https-301).  Anda perlu mengetahui hal-hal berikut:

  • Kira-kira berapa mil perjalanan Anda dengan mobil, bus, kereta api dan pesawat.
  • Penggunaan energi di rumah Anda.
  • Berapa banyak yang Anda habiskan untuk berbelanja.
  • Komposisi diet Anda.

Tidak masalah berapa nilai yang Anda dapatkan, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu mengurangi dampak pribadi Anda terhadap lingkungan.

 

Untuk lengkapnya, silahkan unduh file pada laman berikut: Cara Mengurangi Jejak Karbon Anda

This content is restricted to site members. If you are an existing user, please log in. New users may register below.

Existing Users Log In
 Remember Me  
New User Registration
*Required field

You may also like...